Peribahasa Dengar Cakap Enggang, Makan Buah Beluluk; Dengar Cakap Orang, Terjun Masuk Lubuk

Berikut ini adalah arti dari peribahasa “Dengar cakap enggang, makan buah beluluk; dengar cakap orang, terjun masuk lubuk”.

Artinya:
Suatu pekerjaan hendaklah dipikirkan secara masak/ matang sebelum dikerjakan (jangan sekali-kali melakukannya hanya karena mendengar apa yang dikatakan orang lain).
FYI:
- Enggang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti, yaitu burung besar anggota suku Bucerotidae, di atas paruhnya yang besar terdapat tonjolan menyerupai cula, makanannya buah-buahan, terutama buah beringin, juga serangga, kadal, cecak, ular, tikus, kelelawar; rangkok; rangkong; Buceros rhinoceros.
- Lubuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti, yaitu bagian yang dalam di sungai (laut, danau, dan sebagainya).

Demikian arti dari peribahasa "Dengar cakap enggang, makan buah beluluk; dengar cakap orang, terjun masuk lubuk". Semoga bermanfaat.
Surya Adhi

Seorang yang sedang mencari bekal untuk pulang.

Traktir


Anda suka dengan karya-karya di web Narakata? Jika iya, maka Anda bisa ikut berdonasi untuk membantu pengembangan web Narakata ini agar tetap hidup dan update. Silakan klik tombol traktir di bawah ini sesuai nilai donasi Anda. Terima kasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama