Avatar
Joko Pinurbo
Penyair

Tentang Penulis

Joko Pinurbo merupakan salah satu penyair terkenal di Indonesia. Pria yang akrab disapa Jokpin ini telah menghasilkan puluhan karya puisi yang fenomenal. Jokpin dikenal sebagai penyair yang unik karena puisi-puisinya yang menggelitik, namun tetap terdengar indah dan romantis.

Pria kelahiran Sukabumi, 11 Mei 1962 ini menyelesaikan pendidikan terakhirnya di Sanata Dharma, Yogyakarta. Sejak kecil, Jokpin sudah dikenal sangat hobi membaca. Beliau mulai gemar membaca puisi karya-karya Sapardi Djoko Damono dan Goenawan Mohamad ketika berusia 15 tahun.

Jokpin semakin dikenal publik ketika melahirkan kumpulan puisi berjudul Celana (1999). Karya ini menggabungkan unsur humor, narasi, dan ironi yang berhasil menarik perhatian berbagai kalangan. Melalui kumpulan puisi ini Jokpin mendapatkan penghargaan Sastra Lontar pada 2011.

Puluhan karyanya yang menggelitik dan romantis, menjadikan puisi Jokpin sangat digemari kawula muda. Tak heran, jika sosok penyair sederhana ini memiliki banyak penggemar dari kalangan milenial.

Sumber: Merdeka.com

Karya

Karya Joko Pinurbo Di kulkas masih ada
Karya Joko Pinurbo Di lapak buku bajakan
Karya Joko Pinurbo Mengenakan kemeja dan celana pendek putih, Durrahman berdiri sendirian di beranda istana.
Karya Joko Pinurbo Akhir tahun ini saya tak bisa pulang, Bu.
Karya Joko Pinurbo Saban hari ia sibuk
Karya Joko Pinurbo Kamu ke mana saja?
Karya Joko Pinurbo Ke mana pun pergi
Karya Joko Pinurbo Dompet saya hilang.
Karya Joko Pinurbo Kepada siapa